Kamis, 25 April 2013

Merawat Sapu Ijuk agar Awet


Sapu ijuk merupakan salah satu peralatan kebersihan rumah tangga yang sampai saat ini masih digunakan sebagian besar masyarakat terutama di Indonesia. Meskipun saat ini tersedia berbagai macam vacuum cleaner tapi kehadiran sapu ijuk masih tetap  diperlukan. Ada beberapa manfaat yang didapatkan jika kita menggunakan sapu ijuk, diantaranya harganya yang murah dibandingkan dengan mesin vacuum cleaner, badan menjadi sehat dan segar karena ketika kita menyapu badan kita bergerak terutama dibagian tangan, dan tentunya dengan menyapu kita juga menghemat listrik.

Sapu Ijuk


Pemakaian sapu ijuk yang sering dan perawatan yang kurang, akan mengurangi umur sapu ijuk. Berikut tip agar sapu tetap awet
  • Setelah digunakan, sebaiknya sapu digantungkan didinding atau disimpan dalam posisi terbalik berdiri. Ini dimaksudkan agar rambut sapu tidak berkumpul di satu tempat atau bengkok.
  • Menyimpan sapu secara sembarangan, selain mengurangi umur sapu, juga berresiko mengakibatkan kecelakaan akibat gagang sapu yang terinjak atau tersandung.
  • Saat menggunakan sapu, hindari tempat sempit yang akan menjepit rambut ijuk, sehingga rambut ijuk copot dari lakopnya.
  • Apabila sapu ijuk kotor, cucilah sapu dengan air (bila perlu ditambahkan sedikit deterjen), lalu jemurlah sapu ijuk sampai kering.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar